Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Modul Sejarah Indonesia Lengkap Kelas 10, 11, dan 12

A. Identitas Modul

  • Mata Pelajaran : Sejarah Indonesia
  • Kelas : X
  • Alokasi Waktu : 2 x 45 menit ( 1 Pertemuan )
  • Judul Modul : Konsep berfikir Sinkronik dan Diakronik Dalam Sejarah

B. Kompetensi Dasar

3. 1 Memahami konsep berfikir kronologis, diakronik, sinkronik , ruang dan watu dalam sejarah

4.1 Menyajikan hasil penerapan konsep berfikir kronologis, diskronik, sinkronik, ruang dan waktu dalam peristiwa sejarah dalam bentuk tulisan

C. Deskripsi Singkat Materi

Halo anak anak hebat Indonesia... calon-calon pemimpin bangsa di masa depan . Saat mempelajari sejarah mungkin kalian kerap merasa pelajaran sejarah sebagai ilmu hafalan. Ilmu yang hanya menghafal nama, tanggal sebuah peristiwa, bahkan sejarah sering dianggap sebuah persoalan di masa lalu yang tidak penting untuk dikaji. Akan tetapi jika kalian cermati, sejarah merupakan ilmu yang kaya akan pengetahuan, sejarah bukan hanya terbatas pada pengetahuan di masa lalu, yang bisa di genggam dengan mudah di tangan kita atau tersusun rapi dalam lemari perpustakaan. Tetapi pengetahuan dalam sejarah itu tersimpan dalam sebuah tembok yang hanya bisa ditembus oleh interpretasi yang tajam terhadap teks–teks sejarah. Kita semua dapat berperan sebagai seorang sejarawan dengan menerapkan berfikir sejarah dalam menggali sebuah kebenaran dari sebuah rentetan peristiwa sejarah yang terkadang masih bersifat kabur.

Memanfaatkan sejarah sebagai sarana berpikir, membayangkan masa lalu dengan dengan ilustrasi peristiwa, sumber lisan dan dokumen visual. Berpikir sejarah dapat dilakukan secara diakronik dan sinkronik. Berpikir sejarah atau historical thinking dilakukan dalam proses rekonstruksi peristiwa sejarah secara obyektif. Pengungkapan peristiwa sejarah tidak akan lepas dari ruang dan waktu. Dengan kemampuan menganalisa diharapkan dapat mendorong individu dalam berpikir sejarah secara diakronik dan sinkronik.

Seluruh kemampuan berpikir ini, tidak hanya sangat diperlukan untuk memahami suatu peristiwa sejarah, tetapi juga dapat digunakan untuk memahami peristiwa pada masa kini maupun yang akan datang. Proses berpikir sejarah dapat coba kita lakukan melalui sebuah peristiwa sejarah seperti Detik-detik Proklamasi. Cara berpikir sejarah secara apakah yang paling tepat?

Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut, mari kita pelajari materi mengenai konsep berpikir diakronik dan sinkronik dalam sejarah.

D. Petunjuk Penggunaan Modul

Agar kalian berhasil mencapai kompetensi dalam mempelajari modul ini, maka ikutilah petunjuk petunjuk berikut :

  • Bacalah modul ini secara berurutan dan pahami isinya
  • Pelajari contoh contoh penyelesaian permasalahan secara seksama dengan pemahaman dan bukan dihapalkan
  • Laksanakan semua tugas tugas yang ada dalam modul ini agar kemampuan anda berkembang sesuai kompetensi yang diharapkan
  • Setiap mempelajari materi, anda harus mulai dari menguasai pengetahuan pendukung (Uraian Materi), melaksanakan tugas tugas, dan mengerjakan lembar latihan
  • Dalam mengerjakan lembar latihan, sebaiknya anda jangan melihat kunci jawaban terlebih dahulu sebelum anda menyelesaikan lembar latihan
  • Laksanakan lembar kerja untuk pembentukan keterampilan sampai anda benar-benar terampil sesuai kompetensi yang diharapkan
  • Konsultasikan dengan guru apabila kalian mendapat kesulitan dalam mempelajari modul ini.


Silahkan download Sejarah Indonesia Lengkap Kelas 10, 11, dan 12 di link berikut ini: Unduh

Posting Komentar untuk "Modul Sejarah Indonesia Lengkap Kelas 10, 11, dan 12"