Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kombinasi Aplikasi dan Desain Pembelajaran Tingkatkan Kedisiplinan Siswa dalam PJJ

Salah satu masalah dalam pembelajaran jarak jauh (PJJ) adalah kedisiplinan siswa. Padahal kedisiplinan siswa sangat menentukan pencapaian hasil belajar siswa. Menurut Asy Mas’udi (2000) disiplin adalah kesadaran untuk melakukan sesuatu pekerjaan dengan tertib dan teratur sesuai dengan peraturan-peraturan yang berlaku dengan penuh tanggung jawab tanpa paksaan dari siapa pun.

Dalam PJJ tidak mudah menerapkan kedisiplinan pada siswa. Hal ini memerlukan kerjasama dari berbagai pihak, minimalnya pihak sekolah, guru, siswa, dan orang tua. Dari sisi guru pembelajaran harus didesain sedemikian rupa untuk membiasakan siswa berdisiplin.

Di awal pelaksanaan PJJ, penulis menemukan banyak siswa yang tidak tepat waktu dalam mengumpulkan tugas. Dalam tulisan ini disiplin yang dimaksud difokuskan pada disiplin pengumpulan tugas. Penulis semula hanya menggunakan aplikasi Google Classroom untuk pembelajaran. Aplikasi ini sebenarnya sederhana dan mudah bagi siswa dalam mengumpulkan tugas, terapi dalam pelaksanaannya masih ditemukan banyak pengumpulan tugas yang melebihi batas waktu.

Untuk meningkatkan kedisiplinan siswa, penulis selanjutnya mengombinasikan beberapa aplikasi diantaranya: Google Meet, Google Classroom, Google Calendar, dan Group WA. Untuk pembelajaran live dilakukan dengan menggunakan Google Meet. Hanya saja penulis tidak mengunakannya tiap saat pembelajaran karena pertimbangan kuota yang diperlukan cukup besar. Tugas tetap menggunakan Google Classroom. Google Calendar berfungsi sebagai pengingat. Dan Group WA dimanfaatkan untuk memudahkan komunikasi dengan siswa.

Desain pembelajaran yang penulis lakukan adalah: Jika menggunakan Google Meet, penulis menggunakan sekadar untuk pembukaan dan pengantar pembelajaran, pemberian motivasi, diantaranya tentang kedisiplinan. Saat memberikan tugas melalui Google Classroom, penulis langsung menjadwalkan pengingat otomatis di aplikasi Google Classroom untuk beberapa hari berikutnya, dan pengingat pada Google Calendar pada H-2 atau H-1 pengumpulan. Misal tugas yang diberikan satu minggu, maka penulis menyetting pemberitahuan 3 hari setelahnya pada Google Classroom dan hari ke 5 atau ke 6 penugasan di Google Calendar.

Pengingat otomatis di Google Classroom akan muncul sesuai setting yang dijadwalkan. Siswa akan mendapatkan notifikasi pada aplikasi Google Classroom miliknya. Jika tidak memasang aplikasi akan muncul notifikasi pada email siswa.

Untuk mengantisipasi siswa tidak membaca notifikasi melalui Google Classroom dan email, penulis membuat pengingat pribadi melalui Google Calendar. Pengingat ini dimaksudkan agar penulis melakukan koreksi tugas atau melakukan pengecekan terakhir siswa-siswa yang sudah menyelesaikan tugas, termasuk yang belum. Nilai diberikan ke akun Google Classroom masing-masing bagi yang selesai mengerjakan tugas.

Selanjutnya rekap siswa yang sudah maupun belum menyelesaikan tugas disampaikan melalui group WA. Alasan menggunakan Group WA, dikarenakan bisa dipastikan setiap siswa memiliki aplikasi WA. Pemberian informasi H-2 atau H-1 disampaikan agar siswa masih memiliki kesempatan mengerjakan tugas, jika hari-hari sebelumnya lupa atau lalai mengerjakan.

Kombinasi beberapa dan desain pembelajaran ini mampu meningkatkan kedisiplinan siswa dalam menyelesaikan tugasnya. Penerapan yang penulis lakukan di kelas XI dan XII SMAN 2 Mranggen mendapatkan keberhasilan lebih dari 90% pada setiap penugasan.

Aplikasi dan desain pembelajaran apapun akan memiliki efek jika dilakukan secara konsisten. Penghargaan dan hukuman (reward and punishment) harus tetap diberikan kepada siswa sebagai bentuk konsekuensi terhadap apa yang telah dilakukan, tentunya dengan kebijaksanaan sebagai seorang pendidik. Guru harus tetap memberikan pendidikan dan pembelajaran yang baik kepada peserta didik, meskipun masih harus menggunakan pembelajaran jarak jauh.

Oleh: Mustahib, S.Pd.Si. (Guru Biologi SMAN 2 Mranggen)

Terbit di Jateng Pos, 1 November 2020


 


Posting Komentar untuk "Kombinasi Aplikasi dan Desain Pembelajaran Tingkatkan Kedisiplinan Siswa dalam PJJ"